suarahulubalang.com

Copyright © suarahulubalang.com
All rights reserved
Desain by : sarupo

BPBD Riau Sudah Padamkan Lahan Terbakar Seluas 1.219 HA

Foto / Antara

SUARAHULUBALANG, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mencatat selama Januari-Oktober 2022 telah memadamkan 1.219,93 lahan terbakar di Bumi Lancang Kuning, dengan mengerahkan tiga unit helikopter melakukan water bombing.

"Untuk lahan terbakar pada lahan kecil di beberapa daerah lebih akibat rendahnya curah hujan turun sejak sebulan terakhir, seperti di Pekanbaru," kata Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Edy mengatakan, curah hujan jarang terjadi di dua Kabupaten yakni Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Rokan Hilir sehingga dapat mengakibatkan api cepat menjalar.

Karenanya, katanya, proses pemadaman dilakukan dengan menggunakan tiga unit helikopter milik BNPB itu dengan water bombing atau pengeboman air khususnya dilakukan pada tempat-tempat yang sulit dijangkau petugas melalui jalur darat.

"Tiga unit helikopter tersebut merupakan jenis MI-8 MTV yang saat disiagakan oleh Lanud Roemin Noeryadin," ," katanya.

Sedangkan rekapitulasi seluruh lahan seluas lebih kurang 1.219,93 hektar berada pada 12 Kabupaten/kota se Provinsi Riau. Dan lahan yang paling luas terbakar antara lain berada adalah di Kabupaten Rokan Hulu tercatat seluas 336 hektare dan di Kabupaten rokan Hilir seluas 187 hektare.

Kebakaran hutan dan lahan terjadi juga di antaranya pada areal seluas 150,89 hektare di Kabupaten Kampar, berikutnya 150,70 hektare di Bengkalis dan 113,20 hektare di Pelalawan. Selanjutnya 85,50 hektare lahan terbakar di Kabupaten Indergiri Hilir, dan 79,25 hektare terbakar di Kabupaten Inderagiri Hulu.

Untuk di Kepulauan Meranti lahan terbakar seluas 32,35 hektare dan masing-masing di Siak 18,06 hektare, lalu 14,53 hektare di Pekanbaru dan di Kuansing 0,50 hektare.

SHARE US :
Komentar Via Facebook :