suarahulubalang.com

Copyright © suarahulubalang.com
All rights reserved
Desain by : sarupo

Kerajinan Kain Songket Inhu Butuh Perhatian

Tim TP PKK tinjau kerajinan kain songket - ANTARA

SUARAHULUBALANG - Masyarakat Indragiri Hulu percaya bahwa kerajinan tangan yang dibuat oleh pengrajin Inhu berupa kain songket memiliki banyak penggemar karena motif dan kualitasnya tidak kalah dengan hasil dari daerah lain di Riau.

Disebutkan salah satu warga Indragiri Hulu, Riau Farmi (50), bahwa perhatian terhadap perkembangan, pengelolaan kain songket asli Inhu sangat penting agar terus berkembang.

“Sebab, jika terlambat, usaha kecil berupa kain songket akan mati. Dan, tidak ada lagi makanan khas daerah,” ujarnya di Rengat, Jumat..

Perhatian tersebut bisa dari instansi pemerintah, swasta dan pemilik modal, terutama di bidang promosi, permodalan dan pengembangan sumber daya manusia. Tujuannya adalah untuk songket Inhudapat membantu perekonomian pengrajin.

Padahal, jika dikelola secara optimal, songket dapat dinikmati oleh para tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Inhu.

Bisa juga menjadi kain khas untuk acara resmi pemerintahan, adat dan pertunjukan seni budaya di daerah tersebut.

Di tempat terpisah, Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP -PKK ) Kecamatan Lirik Supemi menyebutkan, kain songket yang dibuat oleh para perajin memiliki banyak peminat.

“Sebab, hasilnya halus, motifnya indah dan ini juga khas daerah Indragiri Hulu,” jelasnya.

Namun, bagaimana kabar semua pengrajindapat membantu usaha, baik permodalan, manajemen manajemen maupun bahan baku yang dibutuhkan.

Jika diperhatikan secara optimal, selain membantu perekonomian keluarga pengrajin , terapi tersebut juga meningkatkan daya tarik wisatawan nasional.

“Industri rumah tangga rumah tangga ini bisa berkembang jika dikelola secara maksimal,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Supemi bersama anggota TP PKK mengunjungi salah satu rumah industri songket di Desa Seko Lubuk Tigo Lirik milik Ratna.

Ternyata kain songket sangat halus, indah dan bahkan sesuai dengan deskripsi pemilik usaha, kain tersebut dibuat oleh pengrajin .dengan sangat hati-hati, sehingga motif yang dihasilkan sangat indah.

Tags :SongketInhu
SHARE US :
Komentar Via Facebook :