suarahulubalang.com

Copyright © suarahulubalang.com
All rights reserved
Desain by : sarupo

Harimau di Teluk Lanus Masuk Kandang Perangkap, Kondisinya Menyedihkan

Foto / Antara

SuaraHulubalang.com - Harimau Sumatera yang diduga menerkam seorang remaja hingga tewas dengan kepala serta kemaluannya terputus di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, beberapa waktu lalu akhirnya masuk perangkap (box trapped).

Pelaksana Harian Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Hartono, Kamis, membenarkan ditemukannya satwa tersebut. Awalnya pada Rabu kemarin (8/9) sekitar pukul 18.30 WIB tim mendengar suara pintu kandang jebak tertutup.

"Karena waktu telah malam dan kondisi gelap, maka tim memutuskan untuk melakukan pengecekan pada pagi harinya. Lalu pada Kamis pukul 06.00 WIB Tim melakukan pengecekan dan

Seekor Harimau Sumatera telah masuk ke dalam box traptersebut," katanya.

Kandang jebak itu dipasang sekitar 50 meter dari jasad korban. Harimau tersebut berkelamin betina yang berumur sekitar tiga tahun.

Kemudian tim melakukan pembiusan terhadap harimau sumatera untuk dipindahkan ke kandang angkut. Berdasarkan hasil observasi oleh Tim medis di lapangan, diketahui bahwa terdapat luka jerat di kaki depan sebelah kanan.

"Kondisi luka jeratnya telah mengalami pembengkakan dan terdapat myasis (belatung) serta pembusukan jaringan," ungkapnya.

Hal itu selanjutnya akan dilakukan observasi dan pengobatan di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Dia mengingatkan kembali kepada masyarakat agar tidak memasang jerat dengan alasan apapun karena dapat membahayakan satwa liar yang dilindungi begitu juga dengan pemegang konsesi agar aktif melakukan pembersihan jerat di wilayah konsesinya.

Sebelumnya pada pada Minggu (29/8) telah jatuh korban jiwa seorang pekerja PT. Uniseraya berinisial MA (16), asal Nias, Sumatera Utara. Kondisinya mengenaskan dengan kepala dan kemaluannya tak lagi di badan

Balai Besar KSDA Riau bersama Polres Siak, Polsek Sungai Apit dan PT. Triomas turun ke lokasi terjadinya peristiwa ditemukannya korban bernama MA.

Saat itu Tim menemukan jejak satwa Harimau sumatera dan tengkorak kepala korban tidak begitu jauh dari ditemukannya jasad korban saat kejadian.

SHARE US :
Komentar Via Facebook :