suarahulubalang.com

Copyright © suarahulubalang.com
All rights reserved
Desain by : sarupo

Banyak Tenaga Honorer di Meranti Kerjanya Tidak Sesuai Keahliannya

Foto / Antara

SuaraHulubalang.com - Banyaknya jumlah tenaga non PNS atau honorer di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti membuat pimpinan daerah kewalahan, pasalnya banyak penempatannya tak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Sekda Kepulauan Meranti, Kamsolsaat ditemui, Kamis (19/8) sehingga pemerintah daerah setempat akan mengadakan uji kompetensi bagi para honorer.

"Ya, benar. Kemungkinan besar akan kita lakukan. Semacam uji kompetensi lah supaya kita mengetahui talenta yang dimiliki oleh mereka (honorer)," ujar Kamsol.

Nantinya, teknis pengujian akan dilakukan hampir sama dengan psikotes yang kini dijalani oleh PNS di Meranti. Hanya saja ini diberlakukan khusus untuk honorer.

Ditambahkannya, tes tersebut juga bertujuan mendorong seluruh sektor atau OPD dapat bekerja lebih cepat dan tepat. Tentunya para pekerja yang dibutuhkan pun harus mempunyai kriteria yang sesuai dengan penempatannya nanti.

"Banyak target yang harus diselesaikan dengan cepat. Maka dari ini kita akan memberlakukan uji kompetensi itu. Sebab sebagaimana kita ketahui, di Meranti jumlah ASN terbatas, jadi kita memanfaatkan tenaga non-ASN," akunya.

Kamsol mengakui bahwa ijazah tak bisa menjadi pedoman kinerja para honorer. Sebagian dari mereka bahkan memiliki pengalaman di bidang yang tak sesuai dengan tamatan.

"Contohnya, ada sebagian dari mereka yang lulusan teknik, tapi penempatan mereka di administrasi pemerintahan. Itu kan tidak sesuai. Tapi mungkin saja mereka lebih berpengalaman di bidang itu, tentu ini jadi pertimbangan kita untuk mempertahankannya," tutur Kamsol.

Jika tak ada aral melintang, Desember 2021 ini akan dilakukan tes tersebut. Untuk penguji, Pemkab Meranti akan bekerjasama dengan Universitas Riau (UNRI).

SHARE US :
Komentar Via Facebook :