suarahulubalang.com

Copyright © suarahulubalang.com
All rights reserved
Desain by : sarupo

Empat Pilar Merupakan Landasan Membangkitkan Jiwa Nasionalisme

Dr. Intsiawati Ayus saat berdialog dengan masyarakat tentang seputar Empat Pilar Kebangsaan. Senin (05/07/2021)

Anggota DPD/MPR RI tetap menggencarkan sosialisasi empat pilar bangsa yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika dalam Seminar Empat Pilar MPR RI Kepada Masyarakat RT 03 RW 07 Limbungan, Rumbai Timur, Kota Pekanbaru. Senin (05/07/2021)

sosialisasi ini bertujuan guna meningkatkan kecintaan terhadap Indonesia yang memiliki masyarakat beragam. Maka sosialisasi ini harus dilakukan Tingkat wilayah masyarakat terumum hingga ke komunitas kecil masyarakat.

Seperti yang disampaikan Anggota DPD RI, Dr. H, Intsiawati Ayus, SH.MH bahwa empat pilar dilakukan untuk menguatkan Pancasila sebagai konsensus bangsa yang final.

Dalam pemaparannya, Anggota DPD/MPR RI  ini mengatakan, Empat Pilar Kebangsaan tersebut, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, merupakan landasan dalam membangkitkan jiwa nasionalisme, serta membangun kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan cara memahami serta mampu menjabarkan makna juga maksud dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, diharapkan masyarakat mampu membangun kesadaran dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Intsiawati.

Dikatakannya juga, Empat Pilar Kebangsaan itu penting dipahami dan ditanamkan di seluruh warga negara Indonesia, terutama pada kalangan generasi muda, agar kehidupan bangsa Indonesia semakin kokoh, serta masyarakat dapat memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya, baik itu UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini menjadi sangat penting, bahkan menjadi tanggungan kita bersama untuk terus merawatnya, agar bisa menjadi dan mampu membangun jiwa nasionalisme, khususnya di kalangan para generasi muda, sehingga nilai-nilai Pancasila yang menjadi warisan dari para pendiri bangsa, bisa tetap terawat,” tambahnya.

Sementara itu, Saudara Aris Eko Sujono S.sos sebagai Tenaga Ahli Banggar MPR RI yang juga memberikan tanggapan pada acara tersebut menyampaikan Bahwa akhir-akhir ini, nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur maknanya di kelas generasi muda, sehingga kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut menjadi sangat penting untuk terus dilakukan, agar nilai-nilai kebangsaan itu bisa tumbuh kembali.

“Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini menjadi sangat penting untuk terus dibudayakan, agar nilai-nilai kebangsaan dapat terus dirawat. Dan bila perlu, Empat Pilar Kebangsaan tersebut, menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah, agar kedepannya generasi muda bisa menangkal segala bentuk kemungkinan yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Staf Ahli Banggar Kelompok DPD RI ini.

“Jangan sampai ke masa depan NKRI ini pada generasi yang tidak memahami apa itu Empat Pilar Kebangsaan, akibat terjadinya degradasi degradasi, degradasi moral dan degradasi kultural,” pungkasnya. (*)

SHARE US :
Komentar Via Facebook :