suarahulubalang.com

Copyright © suarahulubalang.com
All rights reserved
Desain by : sarupo

Stok Kebutuhan Pokok di Riau Aman Sampai Lebaran

Foto / Net

Suarahulublang.com, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Riau menjamin stok kebutuhan bahan pangan aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Pasokan pangan di Riau terjamin hingga lima bulan ke depan. Untuk stok beras kita di Bulog masih ada sekitar 6,7 juta kg lagi," kata Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) RiauMasrul Kasmy di Pekanbaru, Sabtu.

Sekda menyampaikan, selain beras stok bahan pokok lainnya, seperti gula, minyak goreng dan daging, dalam keadaan cukup.

"TPID seluruh kabupaten /kota bersama satgas pangan dalam hal ini Polda Riau telah melakukan koordinasi dengan distributor besar, kartel guna memastikan stok pangan cukup," katanya.

Kata dia, bahkan untuk menjamin pasokan kebutuhan pokok jelang lebaran, TPID Riau sudah membuat langkah 4K, yaitu ketersediaan pasokan, Keterjangkauan, Kelancaran distribusi dan komunikasi yang baik.

Misalkan lanjutnya, untuk mengantisipasi kekurangan dan kelangkaan, TPID Riau juga melakukan perluasan kerjasama antar daerah, seperti dengan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jambi dan Aceh.

"Misal seperti komoditas bawang, cabai dan lainnya, kita bisa dapatkan pasokan dari provinsi lain untuk menghindari kelangkaan," katanya

Ia berharap dengan ketersediaan pangan yang terjamin ini, masyarakat tidak panik menyambut Idul Fitri 1442, serta diimbau dapat belanja dengan bijak.

"Stok pangan sudah mencukupi. Belanja secukupnya saja, agar tidak terjadi inflasi," pesannya.

Walau diakuinya, masih terjadi kenaikan harga sejumlah komoditas pangan di Riau jelang Ramadan seperti daging ayam yang mengalami kenaikan 18,85 persen.

"Kemudian, harga telur ayam juga mengalami kenaikan sebesar 11,75 persen dan harga daging sapi yang naik sebesar 6,3 persen. Serta harga bawang merah 7,19 persen," ungkapnya.

Sementara itu Bank Indonesia Kantor Perwakilan (Kpw) Provinsi Riau memperkirakan inflasi di Provinsi Riau pada bulan April 2021 sebesar 0,3 persen.

"Biasanya saat bulan Ramadan inflasi meningkat, kami perkirakan, inflasi Riau pada bulan April 2021 nilainya 0,3 persen meningkat dibandingkan Maret 2021 yang nilainya 0,1 persen," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Riau, Bidang Perumusan dan Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah, Teguh Setiadi.

Dikatakan teguh dengan memperkirakan besaran inflasi April itu, maka akan didapat proyeksi inflasi Riau tahun 2021 keseluruhan antara 2,36 hingga 2,76 persen.

"Jika nilainya demikian kondisi ini masih terkendali," katanya.

"Perkiraan angka inflasi April 0,3 persen bisa turun kalau masyarakat belanja bijak, sesuai kebutuhan," tutup Teguh.
 

SHARE US :
Komentar Via Facebook :